Header Ads

Mudik Lebaran 2019 asyik lewat Jalur Selatan Jawa terutama saat melewati Kebumen

Mudik Lebaran 2019 tinggal 2 Minggu Lagi. Alangkah baiknya anda mengetahui Jalur Mudik yang akan anda lewati. Jalur Pantura menjadi Jalur Utama yang dipilih sebagian besar pemudik. Namun bagi kalian yang pengin menikmati alam sambil mudik anda bisa melewati Jalur Selatan Jawa karena anda akan disuguhi Pemandangan Alam yang indah terutama di Jalur Selatan Kebumen. Jalur Selatan Kebumen berada di tepi Pantai Selatan. Kondisi jalan yang mulus, lebar, lurus dan ditepi jalan berupa pasir dan pepohonan membentang dari perbatasan Kebumen-Cilacap sampai Kebumen-Purworejo. Sepanjang jalan tersebut anda akan melewati Pantai Logendhing/Ayah, Pantai Menganti, Pantai Pasir, Pantai Karangbolong, Pantai Suwuk, Pantai Sawangan, Pantai Bopong, Pantai Petanahan, Pantai Setrojenar, Pantai Ambal dan Pantai Lembupurwo.

Pada Lebaran Tahun 2018, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bahkan merilis video tempat wisata unggulan di jalur selatan Jawa salah satunya di Kebumen yaitu Pantai Menganti. Baru-baru ini Akun Resmi Promosi Pariwisata Kementerian Pariwisata Indonesia @pesonaid_travel merilis Infografis 10 Top Destinasi Kebumen dimana Pantai Menganti masuk di dalamnya. Memang sudah tidak asing bagi warga Kebumen dengan Pantai Menganti. Pantai berpasir putih dikelilingi bukit hijau yang menjadi tempat bersandar puluhan kapal nelayan. Terdapat pemandangan pohon yang khas di tengah Pantai yaitu Pohon Ketapang yang besar. 

Sementara tradisi saat lebaran yang unik di Kebumen yaitu Tradisi Gerobagan. Tradisi tersebut merupakan tradisi warga di Kecamatan Buluspesantren sebagai wujud rasa syukur kepada Alloh SWT telah berpuasa pada bulan Ramadhan. Bentuk dari Gerobagan itu dimana alat angkut gerobak  yang dirias dengan rontek, tulisan dan sound system ditarik seekor kuda. Gerobak tersebut dinaiki dan diiring-iring anak muda yang melewati rute Indrosari-Ampih-Jogopaten-Klapasawit-Arjowinangun-Sangubanyu-Bocor-Pantai Setrojenar. Peserta Gerobagan dari desa Indrosari, Ampih, Jogopaten, Klapasawit, Arjowinangun-Sangubanyu-Sidamara, dan lain-lain. Tradisi tersebut dilaksanakan pada hari ke-2 Lebaran sekitar pukul 09.00-11.00 WIB.

No comments

http://www.indonesiabaik.com. Powered by Blogger.